Teknik & Cara Memasang Rangka Atap Baja Ringan Sendiri

CARA MEMASANG ATAP BAJA RINGAN– teknologi konstruksi baja ringan ini telah dikembangkan untuk kebutuhan pasar komersial terutama dibidang  perumahan. Bahan konstruksi atap pengganti penggunaan bahan kayu, baja ringan lebih ramah lingkungan terhadap isu penggundulan hutan, meminimalisir sisa bahan yang tidak terpakai, kuat, ringan, dan tahan lama dibanding bahan rangka atap lainnya.

Pemasangan rangka atap menggunakan baja ringan lebih mudah dan lebih cepat, tidak dibutuhkan tenaga kerja yang trampil bahkan seberapa rumit sekalipun. Rangka atap baja ringan memungkinkan proses konstruksi atap akan lebih cepat, dapat memiimalisir bahan yang terbuang terhadap penggunaan komponen sebelum dirakit, hal ini meningkatkan keamanan dan mengurangi biaya pembersihan. Mengurangi kerugian akibat kesalahan pemotongan dan kesalahan dalam pemasangan.

Rangka baja ringan diproduksi dengan sistem komputasi yang canggih di lingkungan pabrik untuk menjamin akurasi dan kualitas, dengan standar industri pembuatan yang selau dikontrol dalam pengawasan ketat secara terus menerus agar memenuhi hasil sesuai standar internasional.

Kelebihan dari baja ringan adalah kekuatan baja ringan bisa lebih dari 10 tahun. “material baja yang dipakai adalah baja bermutu tinggi, hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium. Baja di-treatment hingga tipis, lalu ditarik hingga mutu atap baja ringan tinggi. Kekuatannya sama dengan baja-baja biasa. Kuat, bisa diinjak-injak, untuk menahan beban genteng, plafon, memasang lisplang dan listrik.

Selain itu, dari segi pemasangan atap baja sangat efisien. “sehari bisa memasang 25 m2. Jika mencapai 100 m2 bisa sampai empat hari. Hari kelima sudah bisa pasang genteng. Sementara jika memakai kayu bisa dua kali dari itu. Apalagi baja konvensional tiga kalinya.” bahkan saat pemasangan, tempatnya relatif bersih, tak banyak sisa-sisa potongan.Kenyamanan memakai baja ringan diakui oleh banyak orang. Sang aristek memilih rangka atap dengan memakai baja ringan, bukan kayu. “memang, sih, untuk harga dibanding dengan kayu jenis tertentu jadi terasa sedikit agak lebih mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan kayu kamper atau jati tentu jadi lebih murah. Bayangkan, sudah mahal tapi dimakan rayap pula, jadi jatuhnya tambah mahal.

Selain dari harga, atap baja ringan dari segi pengerjaan pun lebih mudah dan cepat. “karena kita tinggal merancang modelnya seperti apa, bagian pabrik yang membuat rangka. Setelah itu, kita tinggal menyambung dengan menggunakan screw. Memasangnya pun tak lama hanya 3-4 hari saja. Sementara kayu, selain lebih berat, tenaga yang dipakai pun lebih banyak meski bahannya lebih murah.”kekuatan kayu pun diprediksi berusia 10-20 tahun saja. “sementara kalau memakai baja ringan bisa mencapai 50-100 tahun.” kelebihan lain, baja anti rayap dan ringan.

Jadi, jangan bayangkan baja-baja yang berat, karena baja yang dipakai untuk kuda-kuda rumah berbeda jenisnya. “ringannya seperti seng, kalau dibentangkan dan ditekuk-tekuk gampang sekali. Kena angin pun lebih fleksibel menahan beban.”Tren memakai rangka baja ringan ini, lanjut nehemia, diramalkan akan bertahan lama. “bayangkan jika orang masih memakai kayu, berapa banyak lagi pohon yang ditebang.

Apalagi dengan kemajuan zaman, teknologi tinggi, orang maunya serba cepat dan praktis.”Sayangnya, berbeda dengan kayu, kuda-kuda dari atap ringan dari baja ringan kurang bagus dari segi estetika. Itu sebabnya harus ditutup dengan eternit. Tetapi jangan khawatir, karena perawatan atap ringan lebih gampang karena tak perlu dipoles dengan anti rayap. Bahkan di saat gempa atau angin besar baja akan tetap bertahan

Kelebihan rangka baja ringan dibanding dengan rangka kayu

Banyak perbedaan antara rangka baja ringan dengan kayu, baja ringan diproduksi menggunakan teknologi tinggi sehingga menghasilkan produk yang benar-benar berkualitas. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan rangka baja ringan:
  1. Ketahanan dan awet hingga jangka panjang
  2. Ringan, sehingga dipastikan struktur bangunan memiliki beban konstruksi atap yang ringan
  3. Ukuran presisi dan bentuk yang solid
  4. Tahan terhadap api, jika terjadi kebakaran tidak memperbesar risiko api
  5. Meminimalisir kesalahan pada proses pemasangannya
  6. Tidak menggunakan las dalam pemasangan, proses lebih cepat dibanding dengan rangka atap lainnya
  7. Tidak perlu dicat, karena sudah dilapisi bahan anti karat
  8. Meminimalisir bahan material yang terbuang

Langkah-langkah cara pemasangan rangka atap baja ringan

Cara pemasangan rangka atap baja ringan terbilang mudah, Rangka baja sendiri terdiri dari lempengan-lempengan panjang (profil) yg bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap rumah.

Cara pemasangan rangka atap baja ringan untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk “I” atau “U” terbalik dan memiliki ukuran yg lebih besar. selanjutnya reng, reng ialah pengikat kuda-kuda dan gording yg posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.

kuda-kuda-rangka-atap-baja-ringan
Profil kuda-kuda rangka atap baja ringan

Lempengan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih “mencengkeram”.

rangka-atap-baja-ringan
Reng rangka atap baja ringan

Untuk dapat hasil yg maskimal cara pemasangan rangka atap baja ringan sebaiknya memperhatikan beberapa kriteria berikut ini:

Hitung berapa derajat kemiringan atap

Semakin curam kemiringan, maka dipastikan akan menambah besar jumlah luas atapnya. Idealnya, kemiringan atap berada pada kisaran 25 dan 30 derajat. Takaran ideal ini dilihat baik dari segi konstruksi, maupun dari sisi jumlah luasnya. Dengan tingkat kemiringan seperti itu, jumlah bahan yang dipergunakan tuk rangka atap baja ringan akan efisien.

Hitung jumlah beban atap

Beban terdiri dari beban hidup, beban mati dan beban angin. Variabel yg bisa disiasati adalah beban mati, yaitu penggunaan penutup atapnya, karena itu pertimbangkanlah material untuk penutup atap.

Bentuk atap

Bentuk atap paling baik untuk cara pemasangan rangka atap baja ringan adalah pelana dan limasan berikut kombinasinya. Bila memakai atap dengan model lengkung, tetap dapat menggunakan rangka atap baja ringan namun dengan harga relatif lebih mahal.

Persiapan sebelum pemasangan rangka atap baja ringan:

A. Bentuk atap Baja ringan

Perhatikan bentuk atap yang akan dibangun karena sebagai Faktor Penentu Estetika atau keindahan atap bangunan (bentuk atap)

B. Menghitung Volume Baja Ringan

Kebutuhan volume baja ringan biasanya semakin banyak jurai semakin luas atap semakin mahal. tentunya berbeda dengan atap sederhana (cek hitungan perkiraan)

C. Mempersiapkan Gambar Kerja.

Persiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh karena gambar kerja ini menentukan jarak kuda dan kebutuhan kuda-kuda. gambar kerja yang di keluarkan terlebih dahulu mempertimbangkan jarak kuda-kuda yang akan di pakai, biasanya jarak kuda-kuda yang aman tidak lebih dari 1,20 meter. Gambar kerja ini jangan sampai di tentukan oleh tukang/aplikator bangunan haruslah rekomendasi dari penyedia baja ringan karena selama ini tukang berdasarkan atas empiris bukan hasil dari analisa software.

D. Bahan Baja Ringan Label SNI

Mutu Kualitas baja ringan haruslah menggunakan Standar Nasional Indonesia (SNI) maka tanyakan kepada penyedia baja ringan apakah sudah memakai SNI disetiap batang baja ringan.

Teliti dulu sebelum membeli konsumen mempunyai hak untuk bertanya mengenai perlindungan konsumen (konsumen cerdas paham perlindungan)

profil-baja-ringan-berlogo-sni
Profil baja ringan berlabel SNI
E. Penutup Atap tentukan terlebih dahulu

Penentuan ketebalan Profil C Baja ringan biasa tergantung atap yang dipakai ,biasa semakin berat genting yang akan dipakai semakin berat pula pembebanan terhadap struktur baja ringan tentunya  baja ringan harus ada perbedaan dimana ketebalan profil ini bervariasi mulai dari profil : C 75/65 , C 75/75, C75/100.

Pemasangan rangka atap baja ringan

Yang perlu di perhatikan dan diawasi dalam hal pemasangan :
1. Jarak antar kuda-kuda (jarak max 1,20 meters)
2. Sambungan Kuda-Kuda,
3. Web/ Ander (jarak max 1,20 – 1.50 meters)
Referensi gambar, jarak bentang kuda-kuda pemasangan rangka atap baja ringan, maksimal adalah (120 cm):
kuda-kuda-rangka-atap-baja-ringan
Jarak bentangan kuda-kuda rangka atap baja ringan maksimal, 120 cm
kuda-kuda-rangka-atap-baja-ringan
Jarak bentangan kuda-kuda rangka atap baja ringan maksimal, 120 cm

CV Wahana Karya Tunggal, adalah kontraktor bangunan diwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Melayani jasa renovasi rumah, bangun rumah dari awal, pemasangan dan pengadaan panel lantai AAC, jasa pemasangan dan pengadaan rangka atap baja ringan, pemasangan baja WF, dan lain-lain.

Pertanyaan dan layanan, hubungi:
Marketing: Iyet Hidayat
Telp/sms: 0821-7824-2523
E-mail: lantaihebelpintar@gmail.com
Komen Semudah di Facebook