Mengenal Jenis Ukuran dan Profil Baja Ringan

RANGKA ATAP BAJA RINGAN – karena munculnya teknologi baru, struktur pendukung baja ringan menempati posisi terdepan dalam pembangunan atap rumah. Pembangunan alternatif dalam konstruksi teknologi rangka atap dan digunakan pada saat yang sama baja ringan, menawarkan kesempatan baru untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas bahan yang digunakan. Hal ini secara signifikan mengurangi waktu konstruksi pembangunan rumah terutama atap. Berikut ulasannya mengenai “spesifikasi dan estimasi harga rangka atap baja ringan“.

Pembangunan perumahan telah mengalami banyak variasi selama bertahun-tahun, berkembang untuk memenuhi pertimbangan ekonomi, lingkungan dan sosial pada waktu yang berbeda. Rencana dan gaya yang dikembangkan untuk memenuhi tren  dan mode terbaru, sedangkan pilihan bahan konstruksi dapat dipandu oleh alasan mulai dari biaya, ketersediaan teknologi, konsumen penerimaan pertimbangan konservasi. Salah satu perkembangan tersebut yang menjadi alasan utama.

Ditingkatkan dan disempurnakan industri rangka atap adalah pengembangan desain teknologi konstruksi atas dasar baja ringan- teknologi rangka atap baja ringan yang memungkinkan Anda untuk membangun rumah dengan biaya rendah dan dalam waktu singkat. Inti dari teknologi ini adalah penggunaan baja galvanis bagian berlubang dan unperforated yang merupakan bingkai logam bangunan.

Struktur baja ringan dapat digunakan sebagai struktur independen dalam bangunan bertingkat dan sebagai bagian dari pembangunan yang memberikan beban kontsruksi lebih ringan, dalam kombinasi dengan teknik konstruksi tradisional seperti baaj konvensional atau struktur beton bertulang.

Apa itu teknologi atap baja ringan

Tren saat ini dalam pembangunan sering membutuhkan tidak hanya berkualitas tinggi dan keandalan dari desain, tetapi juga cepat dan kadang-kadang ultra-cepat laju pembangunan mereka. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir permintaan yang meningkat tajam untuk baja ringan sebagai bahan bangunan prefabrikasi. Teknologi berbasis baja ringan memungkinkan Anda untuk secara bersamaan mengurangi biaya konstruksi dan membuat hasil yang layak, modern dan tahan lama. Profil baja ringan untuk rangka atap rumah sepenuhnya memenuhi persyaratan ini: memiliki penampilan yang rapi dan tahan terhadap pengaruh eksternal.

Desain dan teknologi konstruksi didasarkan pada kerangka baja dengan termal dan profil. Hal ini digunakan dalam pembangunan struktur atap, serta dalam pembangunan interior dan deck lantai. Teknologi  baja dikembangkan pada tahun 50-an abad XX, di Kanada. Alasan utama munculnya teknologi ini adalah kebutuhan untuk pembangunan sejumlah besar bangunan bertingkat rendah untuk kelas menengah, yang sesuai dengan kondisi iklim dalam negeri. Teknologi yang cukup cepat dalam hal pemasangan konstruksi secara massal, mengurangi (dan di pinggiran kota dan kota-kota sama sekali menghilangkan) penggunaan perancah terbuat dari kayu, karena biaya tinggi, kerentanan terhadap pembusukan dan hama serangga. Tapi faktor utama untuk pengembangan baja ringan kemungkinan keberlangsungan dan ketersediaan bahan. Pada tahap ini perkembangan teknologi ini menjadi lebih populer di dunia karena terjadi penghematan baiaya pembangunan atap rumah baja ringan dan kekuatannya.

Keuntungan rumah-rumah dan bangunan menggunakan rangka atap baja ringan

Konstruksi ringan. Rumah dan bangunan atas dasar baja ringan yaitu memiliki beban struktur yang ringan, yang mengurangi persyaratan dan biaya pondasi, dan sehingga teknologi ini cocok untuk rekonstruksi dan renovasi bangunan yang ada.

Cepat dan tepat konstruksi. Struktural desain dan manufaktur teknik rekayasa memastikan desain presisi tinggi, dan dengan teknik perakitan berteknologi maju – konstruksi kecepatan tinggi.

Tidak tergantung cuaca dalam pemasangan. Sejak atas dasar teknologi struktur baja ringan adalah metode “kering” dari konstruksi, instalasi dapat dilakukan sepanjang tahun.

Lokasi konstruksi bersih. Kewajaran dan manufakturabilitas pemasangan struktur baja ringan membantu untuk menjaga ketertiban dan kebersihan dari wilayah konstruksi.

Daya tahan. Keandalan. Struktur baja ditandai dengan keandalan yang tinggi dan daya tahan, mewujudkan dalam pembangunan kualitas terbaik dari jenis logam. Keandalan dan fleksibilitas dari baja ringan memungkinkan penciptaan desain yang aman. Jika Anda sedang membangun sebuah rumah di daerah seismik aktif, keputusan atas dasar rangka atap baja ringan – pilihan terbaik.

Ramah lingkungan. Baja – bahan bangunan yang ramah lingkungan, tidak ada bau dan zat berbahaya ke udara. Untuk penggunaan bahan bangunan yang tepat dari struktur baja yang aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Hemat energi yang efisien dan hampir tidak memerlukan pemeliharaan. Solusi unik dari dinding, atap dan lantai, penggunaan material isolasi yang efektif memberikan efisiensi termal yang tinggi dari bangunan, yang mengarah ke konsumsi daya yang besar dan ekonomis.

Biaya konstruksi lebih rendah.

Hal ini dicapai melalui:

Pengurangan pada biaya pembangunan pondasi karena beban struktur atap relatif rendah.

Pengurangan waktu konstruksi.

Tidak perlu menggunakan alat berat.

Baja ringan memberikan fungsi yang sangat baik

Isolasi termal yang tinggi – juga tidak menghantarkan sifat api terkait bahaya kebakaran.

Tahan gempa hingga 9 skala Richter

Awet dan tahan lama – struktur baja yang diberi perlindungan khusus mampu berthan hingga 100 tahun.

Ramah lingkungan.

Tidak ada penyusutan: struktur monlitik bertindak sebagai satu kesatuan, menghilangkan kemungkinan pembentukan retak dan distorsi pada berat total yang relatif rendah.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam merancang rangka atap baja ringan

Rangka atap baja ringan yang padat karya dan membutuhkan perangkat koneksi sehingga mereka akan diproduksi dan dipasang sedemikian rupa sehingga memberikan skala ekonomi besar. Faktor-faktor berikut dapat menjelaskan bagaimana merancang rangka atap dan faktor-faktor apa yang harus dipertimbangkan saat merancang mereka.

Struktur atap

Sementara menentukan bahwa rangka atap akan menjadi pilihan terbaik untuk atap adalah penting untuk mencocokkan kompatibilitas jenis atap dengan rangka tersebut. Rangka baja ringan tidak mendukung semua jenis atap. Rangka baja sangat cocok untuk jenis atap datar, pelana atau satu bidang. Tapi itu sangat tidak cocok untuk atap piramida.

Tekanan analisis

Ikatan atas dan bawah yang lebih rendah berada di bawah kompresi ketegangan. Dalam hal ini tergantung pada kemiringan diagonal. Hal ini diperlukan untuk mengelola tekanan di atap dengan menganalisis beban ekstrim dapat mengubah tanda struktur yang akan mengakibatkan membuat ikatan atas berada di bawah ketegangan dan lebih rendah berada di bawah kompresi.

Deformasi

Kekuatan dan stabilitas yang disebut sebagai kesatuan dari atap. Baja dapat menangani kekuatan tarik di rangka atap, tetapi kesatuan kompresi harus diperhatikan dengan baik. Komposit dan menegang keseluruhan kompresi atap harus digunakan sehingga untuk menyelamatkan mereka dari terkadi tekuk ke bawah.
Mengelola sistem garis

Sistem garis rangka atap harus bertemu di titik panel. Tetapi sulit untuk mencapai karena terjadi stres dari bagian rangka dan konektor. Dengan demikian, sistem harus bertemu di satu titik atau garis garis diagonal dari sistem harus memenuhi setidaknya bagian akord dalam rangka atap. Dia memiliki untuk mengelola beban dan memastikan berfungsinya.

Dalam masyarakat saat ini, semakin banyak fokus ditempatkan pada keselamatan, dan ini adalah mengapa Anda harus memiliki yang terbaik jenis rangka atap yang terpasang di rumah Anda. Sebuah rangka atap pada dasarnya adalah struktur yang mencakup satu atau beberapa unit segitiga yang meliputi anggota ramping lurus dengan tujuan mereka terhubung melalui node.

Jenis profil dan ukuran baja ringan untuk atap rumah

Profil batang baja ringan yang paling banyak digunakan yaitu profil “C”/”Canal”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Canal C merupakan profil tertua pada material batang baja, Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelulm istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan, dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.

profil-canal-c-rangka-atap-baja-ringan
Profil canal C, rangka atap baja ringan

Profil Canal “C” digunakan sebagai rangka utama pada konstruksi kuda-kuda baja ringan. Sementara untuk konstruksi pendukung seperti reng sebagai tempat kedudukan penutup atap/genteng digunakanlah profil “Omega”, berikut gambarnya.

Baca juga: konstruksi baja & panel lantai: cara cepat bangun rumah tingkat

Profil omega, reng rangka atap baja ringan
Profil omega, reng rangka atap baja ringan

Jenis ukuran baja ringan

Sementara terkait dimensi ukuran, seperti tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memiliki ketebalan 0.75mm hingga 1.00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi. Sedang pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0.40 hingga 0.60mm.

Sementara untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70mm hingga 100mm, dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan kebutuhan lebar bentang rangka yang berhubungan dengan beban/kekuatan yang disokongnya.

Kesimpulan:

Bahan untuk atap harus dipilih setelah menentukan tujuan struktur. Nilai stres struktur apapun tidak boleh melebihi batas yang diizinkan, karena dapat menyebabkan runtuhnya seluruh struktur. Hal ini karena lapangan dari atap tergantung semata-mata pada rangka atap. Dengan permintaan yang semakin meningkat untuk mengoptimalkan lahan, pembangun yang melihat ke arah jenis seperti rangka atap baja ringan yang memberikan solusi untuk setiap kebutuhan.

Saat ini, rangka atap prefabrikasi telah menggantikan skill atap pertukangan. Sekarang menggunakan rangka atap baja ringan hanya mengangkat dan menjulurkan cukup mudah dan cepat. Rangka baja ringan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan dengan demikian berfungsi sebagai cara sederhana dari atap. Desain rangka atap baja ringan contoh jelas dalam struktur besar yang dibangun di seluruh dunia.

Rangka atap baja terutama digunakan untuk membangun dasar yang kuat. Hal ini juga sering digunakan untuk bangunan dan jembatan. Desain rangka atap harus mengikuti tata letak umum yang dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah itu, beban eksternal adalah untuk diperkirakan termasuk beban atap itu sendiri.

Desain rangka atap baja yang beragam disusun tergantung pada bentuk struktur. Ada paralel dan segitiga, dan atap trapesium. Hal ini dapat dikatakan dalam kasus atap baja perhitungan desain rangka bahwa biaya atap harus sama dengan dua kali biaya purlins dan biaya yang dikeluarkan pada penutup atap. Purlin digunakan untuk atap kecil yang ditutupi dengan atap baja.

Purlin ringan dan karena itu mudah ditempatkan di antara struktur baja dan sangat ekonomis. Beban gravitasi juga memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kekuatan struktur. Jika beban gravitasi bangunan melebihi beban uplift bersih, yang umumnya terjadi dalam kasus bangunan atap, kompresi dalam beban harus tinggi untuk mengelola kemiringan.

Komen Semudah di Facebook