Genteng Metal: Kelebihan & Kekurangan Sebagai Atap Rumah

GENTENG METAL ATAU ATAP LOGAM – logam populer digunakan untuk bangunan perumahan, komersial dan industri. Ada berbagai jenis profil logam yang cocok untuk hampir setiap rumah. Atap rumah dapat dibuat dari berbagai bahan: seperti genteng dari tanah liat, kayu, genteng metal dan sebagainya. Genteng metal atau atap logam memenuhi persyaratan tertinggi dalam hal daya tahan, kekuatan dan stabilitas. Banyak produsen mengklaim bahwa atap tersebut memerlukan sedikit atau bahkan hampir tanpa perawatan, murah dan memiliki keberlangsungan yang lebih panjang dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Tembaga, seng, titanium, aluminium, stainless atau baja galvanis dan titanium: Bahan yang berbeda juga dapat digunakan untuk pembuatan atap logam atau genteng metal ini.

Sejauh ini mengenai penggunaan atap modern yang terbuat dari logam banyak memberikan umpan balik positif. Genteng metal sangat tahan lama dan juga tahan terhadap kerusakan mekanik. Terlepas dari kenyataan bahwa harga atap logam, cukup demokratis. Tidak mengherankan, bahwa banyak pemilik tempat tinggal bersedia untuk menggunakan logam untuk melindungi bangunan sebagai atap. Mari kita lihat lebih dekat mengapa jenis genteng metal ini menjadi sangat populer. Sebelum itu kita juga harus tahu apa fungsi dasar dan tujuan atap dibangun.

Fitur dan persyaratan utama yang harus dimiliki atap-atap rumah

Selama pembangunan atap rumah adalah penting untuk memahami apa fungsi atap dan persyaratan apa yang harus dimiliki dari atap rumah ini. Dalam hal pemilihan bahan atap Anda sangat berpengaruh untuk mengambil keputusan sendiri bahan apa yang terbaik. Hal ini sangat jelas bahwa salah satu fungsi utama dari atap rumah – adalah perlindungan bagi penghuni sebuah bangunan dari semua jenis curah hujan (presipitasi dalam bentuk hujan, apapun jenis hujan itu). Fitur lain yang penting dari atap – ketahanan terhadap beban angin.

Angin tidak hanya mampu untuk mencatat atap dengan impuls mereka (yang dibuktikan dengan peristiwa cuaca ekstrim), tetapi juga dapat mengangkat atap dan menghancurkannya. Oleh karena itu, penting untuk atap atap rumah terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Jangan lupa juga tentang beban air dari hujan, yang pasti menjadi beban yang harus ditahan oleh atap. Pada musim penghujan dimana intensitas curah hujan yang cukup sering terjadi, hal ini memungkinkan, dalam kasus desain atap tidak cukup kuat, bisa saja terjadi kerusakan sistem atap (pada musim penghujan atap harus menahan beban hingga 100 kg permeter persegi). Selain itu, atap harus tahan terhadap perubahan suhu dan penurunan suhu yang sama. Pada akhirnya, bagian atap atau genteng harus mampu menahan suhu tertinggi pada siang hari dan dingin di malam hari.

Fitur atap tidak berakhir di situ. Salah satu fungsi penting lainnya dari atap rumah adalah melindungi rumah dari kebakaran dan penyebaran api. Dengan kata lain, atap harus tahan terhadap api. “Atap yang tepat” tidak membentuk kondensat yang dapat terakumulasi dan menyebabkan munculnya jamur dan lumut. Akhirnya, atap harus sejauh mungkin mencegah penetrasi di perumahan, zat berbahaya dan sinar UV di sekitar lingkungan, panas dan radiasi kosmik .

Dengan demikian, atap logam yang tahan lama dan dapat diandalkan, dan didukung dengan lapisan khusus anti korosi. Penyok atau goresan pada permukaan logam tidak sulit untuk diperbaiki, dan atap tidak akan berkurang kualitasnya. Poin penting untuk atap rumah adalah tahan api. Logam tahan terhadap suhu tinggi, sehingga atap memiliki risiko kecil terhadap bahaya kebakaran. Pemasangan atap logam cukup mudah, tidak dibutuhkan keahlian atau peralatan khusus.

Selain itu genteng metal memberikan beban struktur atap yang lebih ringan dibanding dengan atap genteng dari tanah atau beton. Dengan demikian, Anda tidak perlu hati-hati menghitung dan berdiri di sana untuk sistem berat atap dari genteng metal. Sistem kasau biasanya cukup mudah untuk mentransfer instalasi genteng metal tanpa pengolahan atau amplifikasi. Atap logam nyaman dan fakta bahwa itu tidak menyebabkan kenaikan berat beban strukutr atap dalam akumulasi dimusim penghujan atau tidak mengakibatkan permukaan genteng menjadi licin.

Mengapa memilih genteng metal atau atap logam?

Jenis bahan atap logam atau genteng metal yang beragam. Salah satu manfaat utama pada atap logam adalah jumlah pilihan yang banyak sesuai dengan keinginan Anda untuk memilih, misalnya. Tin, seng, aluminium, tembaga dan baja galvanis semua macam pilihan atap logam yang dapat Anda pilih. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan atap Anda berdasarkan pada daya tahan, model dan harga yang Anda cari untuk mendapatkan. Kebanyakan pilihan atap lainnya tidak menawarkan begitu banyak variasi.

Menurut data statistik perindustrian, banyak pemilik rumah mengganti atap rumah mereka setiap tahun untuk mencari metode dan teknologi yang lebih “hijau” dan hemat energi dengan dengan bahan daur ulang sebanyak 28 persen dan kemampuan menurunkan konsumsi energi, atap logam atau genteng metal menjadikan permintaan pasar yang cukup tinggi.

Atap logam atau genteng metal yang menarik dan serbaguna. Atap logam atau genteng metal untuk perumahan tersedia dalam berbagai desain, tekstur, gaya dan warna. Atap logam atau genteng metal tersedia dalam bentuk susunan vertikal atau dapat diproduksi menyerupai alur kayu, batu tulis, atau ubin tanah liat serta bentuk yang lain, tergantung kemampuan produksi pabrik tersebut

Genteng metal dapat melengkapi semua jenis arsitektur

Atap logam yang tahan lama.

Tahan terhadap retakan, penyusutan dan pengikisan, logam adalah material yang hampir bebas keharusan perawatan.

Sistem atap logam atau genteng metal dapat menahan kondisi cuaca ekstrim termasuk beban berat, badai hujan dan kebakaran.

Banyak sistem atap logam memiliki panel interlocking, yang dapat melawan dan menghilangkan kerusakan dari terpaan angin kencang.

Atap logam atau genteng metal jenis perumahan memiliki jaminan jangka panjang untuk kualitas dan mutu terbaik.

Genteng metal lebih awet dan memiliki daya tahan yang tinggi

Faktor utama bagi pemilik rumah yang harus dipertimbangkan ketika mencari pilihan atap yaitu, tahan lama dan daya tahan. Anda menginginkan sesuatu yang akan bertahan dalam ujian waktu dan terakhir. atap logam telah terbukti mampu bertahan antara 40 – 70 tahun, tapi itu tergantung pada materi logam yang Anda pilih. Ini jauh lebih lama dari jenis atap genteng tradisional yang berlangsung hanya 10 sampai 20 tahun. Hal ini membuat atap logam pilihan yang lebih baik bagi pemilik rumah tahan lama menjadi pertimbangan. atap logam juga dapat menahan angin kencang dan merupakan jenis atap tangguh. Anda tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan dan perawatan jika Anda menggunakan atap logam.

Genteng metal  memberikan keuntungan energi

Sebuah sistem atap logam adalah jenis atap yang efisien, karena mencerminkan panas matahari dan sangat dapat mengurangi biaya pendinginan. Anda juga dapat yakin mengetahui bahwa atap logam tidak akan mudah terbakar jika terjadi peristiwa kebakaran ringan.

Application genteng metal

Bahan yang digunakan pada atap logam adalah serbaguna dan tahan lama. Hal ini dapat digunakan pada perumahan, bangunan komersial, industri atau pertanian. Ada banyak profil yang berbeda dan gaya yang tersedia agar sesuai dengan kebanyakan setiap situasi bangunan.

Kelebihan dari genteng metal atau atap logam

Meskipun keragaman bahan yang dapat diproduksi untuk atap yang terbuat dari logam harus dipahami bahwa hal ini tidak lepas dari keuntungan dan kerugian, atau masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dari bahan.

Atap logam perumahan adalah salah satu segmen yang paling cepat berkembang dari perbaikan rumah – lebih dari empat kali lipat pangsa pasar selama beberapa dekade terakhir. Keuntungan yang ditawarkan oleh atap logam saat ini memungkinkan pemilik rumah untuk meng-upgrade rumah mereka dengan produk dari nilai abadi. Sementara atap lain dengan cepat berkurang nilainya dengan bertambahnya usia atap, atap logam memberikan banyak manfaat, berikut ini:

Daya tahan atap logam adalah salah satu manfaat utama. Banyak produsen dapat menawarkan jaminan 20-50 tahun.
Model dan desain yang indah untuk mencocokkan setiap rumah atau lingkungan.
Ketahanan terhadap angin secara maksimum.
Tahan api.
Efisiensi energi dengan menjaga rumah lebih dingin.
Berat badan rendah untuk membantu melestarikan integritas struktural dan kehidupan.
Memberikan keuntungan klasik.

Ringan – adalah keuntungan lain yang penting dari trapesium, ukuran lembar atap dan harga. Atap beratnya jauh lebih kecil dari genteng yang terbuat dari tanah liat atau beton. Bahan yang ringan memungkinkan mudah dalam pemasangan bahkan konstruksi atap paling kompleks sekalipun. Hal ini, pada gilirannya, menghemat biaya instalasi Anda. Atap logam dapat diinstal langsung di atas rangka atap yang ada. Hal ini akan membantu mengurangi biaya tambahan perbaikan atap lama.

Atap logam tahan api. Selain itu, secara praktis tahan terhadap air, sinar matahari dan pengaruh eksternal lainnya, seperti suhu tinggi dan rendah dan angin kencang. Semua ini tidak mempengaruhi integritas atap.
Atap mendefinisikan bagian eksterior rumah. Desain atap logam disajikan dalam berbagai macam warna, tekstur dan profil. Dengan lapisan ini, Anda sempurna dapat melengkapi gaya arsitektur rumah.

Dari sudut pandang kemurnian ekologi atap logam memiliki keuntungan yang signifikan karena produsen sering menggunakan metode produksi bahan daur ulang.Permukaan logam tidak terkena berbagai jenis kerusakan biologis. Lumut dan jamur serius dapat membahayakan jenis atap, di mana mereka berakar. Jika jamur tidak merusak atap, spora bisa masuk ke sistem rangka kayu dan menghancurkan bangunan itu sendiri. Secara umum, bahkan kondisi ekstrim, seperti hujan lebat atau angin tidak akan membahayakan atap logam. Kesederhanaan aplikasi membuat logam sederhana, nyaman, dan yang penting – terjangkau masalah solusi atap bagi banyak bangunan kota.

Beberapa kekurangan dari atap logam

Terlepas dari kenyataan bahwa atap logam ini begitu populer, ia memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diingat ketika memilih lapisan untuk atap. Permukaan genteng mudah penyok jika diinjak terutama pada proses pemasangan, dan kebisingan jika terjadi kontak dengan lapisan, antara kelemahan utama. Sebagai contoh, jika terjadi hujan lebat dapat menimbulkan kebisingan pada permukaan atap. Namun hal ini tidak terlalu signifikan karena saat ini produsen telah membuat inovasi untuk mengatasi masalah ini dengan cara permukaan genteng metal dilapisi pasir, batu alam (batu koral). Hal ini dapat meredam suara berisik jika terjadi hujan, agar tidak licin, menahan suhu panas sinar matahari, dan memberikan tekstur tertentu untuk mempercantik penampilan.

genteng-metal-tekstur-pasir
Genteng metal dengan tekstur pasir hitam

Atap logam rentan terhadap tekanan kuat. Dengan demikian, hujan yang deras dapat menyebabkan kerusakan dan penyok. Semua tergantung pada pilihan dari logam untuk lapisan ini. Misalnya, tembaga sementara aluminium lebih lembut dan rentan terhadap penyok.

Ekspansi dan kontraksi bahan atap logam dapat merusak atap. Jika lapisan logam rusak ada risiko korosi. Logam tipis kurang tahan lama dan juga rentan terhadap kerusakan mekanik.

Kelemahan lain dari genteng metal adalah bahwa warna bisa memudar atau mengelupas, meskipun bertahun-tahun garansi. Anda juga harus memastikan bahwa ketika pemasangan atap menghindari terjadinya goresan.

harga genteng metal atau atap logam

Harga genteng metal dianggap pembelian yang paling sesuai. Hal ini diyakini bahwa atap seperti itu paling cocok untuk rumah. Desain genteng metal ini dapat dibuat dari lembaran rolled sederhana. Decking juga cukup berguna sebagai bahan untuk pengaturan atap. Lembaran bergelombang seperti dibuat sudah siap untuk digunakan. Genteng metal telah diberi perlakukan struktur pelindung, dicat dan dapat diinjak namun perlu sedikit hati-hati. Genteng metal sedikit lebih murah dibanding jenis genteng lainnya.

Tips:

Ketika tujuan genteng metal tiba saatnya untuk mengganti atap lama Anda, atap logam selalu menjadi pilihan yang layak. Ini sangat ideal untuk rumah yang memiliki sebuah garis atap datar atau curam dan menawarkan daya tahan yang sulit untuk mencocokkan. Ketika Anda memilih antara atap logam dan jenis lainnya, Anda harus sepenuhnya menyadari sesuai dengan apa yang Anda bayar.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli atap logam, Anda harus berkonsultasi dengan ahli atap, tapi ada beberapa dasar-dasar yang telah dibahas di atas mengenai sistem atap logam dan keuntungan atau kerugian yang dapat Anda dapatkan.

Komen Semudah di Facebook