Genteng Aspal: Kelebihan & Kekurangan Bahan Atap Modern

GENTENG ASPAL – salah satu bahan penutup atap rumah yang paling populer di konstruksi modern adalah genteng aspal. Banyak finishing atap rumah-rumah pribadi menggunakan bahan ini karena menyediakan berbagai kelebihan: mudah dalam pemasangan, tidak memerlukan keterampilan dan peralatan khusus, waktu pengiriman nyaman dan cepat pada kawasan substitusi yang rusak atau dalam kondisi perbaikan sekalipun.

Dengan atap genteng aspal, Anda dapat membuat lapisan kontinyu ketat yang menyerupai sisik dari jenisnya. Bahan atap yang indah dan terpercaya ini adalah ketahanannya terhadap curah hujan, ketahanan terhadap terik matahari dimusim panas dan tahan terhadap kelembaban tinggi. Selain itu, kedap suara jadi tidak berisik saat hujan turun, tidak membusuk, tidak mengumpulkan aliran listrik statis, tahan terhadap korosi. Genteng aspal yang terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga mudah digunakan pada berbagai desain dan kompleksitas model atap, bahkan pada kubah dan atap bulat. Bahan ini semakin populer digunakan dalam beberapa tahun terakhir.

Fitur dan karakteristik utama genteng aspal

Sebelum kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari atap yang fleksibel, mari kita lihat fitur apa yang dimiliki oleh genteng aspal ini.

Struktur genteng aspal diproduksi menggunakan teknologi tinggi sehingga memiliki beragam bentuk dan desain. Tidak perlu menjadi seorang analis yang mendalam untuk memahami keberadaan karakteristik dan menentukan kekuatan dari genteng bitumen. Karena beberapa lapisan genteng aspal memberikan kinerja yang sangat baik dan berkualitas. Bahan dasar genteng ini adalah serat sintetis yang diresapi dengan aspal atau fiberglass, sementara penggunaan selulosa organik sangat jarang digunakan. Fungsi utamanya adalah untuk membuat lapisan dasar yang kuat dan koneksi tahan lama aspal dengan bahan aditif polimer dan pigmen warna. Ini sintetis, aditif, polimer ini berfungsi menyediakan:

plastisitas dan fleksibilitas;
penampilan dekoratif;
untuk ketahanan deformasi mekanik;
memberikan daya tahan pada genteng aspal.

Struktur lapisan genteng aspal

Lapisan atas dari atap sirap aspal ditutupi dengan butiran basalt, atau pasir halus, dan shale mineral. Lapisan atas bertanggung jawab sebagai tekstur atap. Pelapisan bubuk batu berteknologi tinggi ini dengan menggunakan pigmen berkualitas tinggi yang memberikan genteng berbagai warna yang beragam, pada saat yang sama berfungsi sebagai pelindung dari gangguan iklim dan suhu serta efek kelembaban, termasuk sinar ultraviolet, hal ini yang membuat genteng aspal mampu bertahan lama.

Sementara lapisan perekat di sisi berlawanan dari atap sirap terpaku dengan film pelindung (perekat khusus bahan genteng aspal), atau dilapisi dengan pasir silika, yang mampu melindungi genteng selama pengiriman.
Atap fleksibel atau, Anda juga dapat menemukan nama-nama seperti genteng aspal atau atap shingles adalah lembaran datar berukuran kecil – 100×33 cm, dengan torehan di salah satu ujung.

Genteng aspal dibuat ke dalam berbagai bentuk: heksagonal, persegi panjang, segitiga, oval, sisik dan bentuk geometris lainnya. Ketika pembuatan para produsen menggunakan warna dekoratif dengan lapisan manic-manik yang memungkinkan dapat memenuhi selera setiap pelanggannya, karena lebih banyak pilihan warna dari genteng aspal.

genteng-aspal
Genteng aspal: kelebihan & kekurangan bahan atap modern

Hal ini tidak mengherankan, karena genteng aspal memiliki cukup banyak keuntungan dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Genteng tersebut dapat dengan mudah menahan suhu dingin hingga -60 ° derajat Celcius dan suhu panas hingga +70 °! Baik angin kencang atau hujan dan salju tidak akan merusak bahan atap.
Perlu dicatat bahwa karena ini, pemasangan atap genteng aspal bukanlah proses yang rumit, tetapi membutuhkan keterampilan tertentu.

Di mana genteng aspal dapat digunakan

Genteng aspal cocok untuk atap dengan kemiringan tidak kurang dari 12 ° (rasio 1: 5). Hal ini digunakan baik untuk membangun atap baru, dan untuk rekonstruksi yang ada (diterapkan layer baru tepat di atas area yang rusak). Genteng aspal cocok untuk atap rumah-rumah dan bangunan pribadi, publik, perumahan dan bangunan industri, serta hampir ideal untuk atap yang berbentuk kompleks.

Apa kelebihan dari genteng aspal?

Seperti atap bangunan modern lainnya, genteng aspal memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Berbicara tentang jenis genteng dapat dikatakan tanpa berlebihan bahwa atap dari genteng aspal telah menyerap semua yang terbaik dibanding bahan atap yang sudah ada. Jadi apa keuntungan dari atap shingles ini?

sejumlah kecil limbah setelah pemasangan, khususnya selama perakitan atap dengan bentuk kompleks;

nyaris tak bersuara, ketika ada hujan atau hujan es;

tidak mudah terkena korosi dan pembusukan;

tahan terhadap media nutrisi seperti jamur, atau lumut;

tahan terhadap korosif kimia;

Selama penggunaan, di bawah pengaruh panas matahari, dan ketika terjadi hujan terus menerus berubah menjadi lapisan tahan air, dan karena ini tidak menyerap kelembaban dan tidak menimbulkan kebocoran;

tidak menghantarkan listrik, lain halnya dengan atap logam, sehingga memungkinkan terhindar dari sambaran petir terhadap rumah, dan karena itu tidak perlu membuat penangkal petir;

tidak perlu tambahan atau pengulanagn warna dalam penggunaannya;

dapat menahan suhu tinggi (terbukti baik di pantai Laut Hitam) dan suhu rendah (di Finlandia dan Kanada), dan genteng aspal betul-betul tahan terhadap perubahan suhu yang mendadak;

mampu menahan hembusan angin yang kuat;

Genteng aspal lebih ringan dapat mengurangi biaya selama transportasi, selama bongkar dan mengangkat bahan atap di daerah instalasi;

styling yang halus genteng tidak perlu alat khusus;

genteng aspal (fleksibel) bersahaja dalam penggunaan dan pemeliharaan;

mudah untuk diangkut.

Kekurangan dari genteng aspal

Cakupan jenis ini memiliki kekurangan, meskipun demikian hal ini masih dalam batas-batas tertentu. Kekurangan genteng aspal ini – ketidakmungkinan penggunaannya pada atap dengan kemiringan kurang dari 12 derajat, seperti ketika memasang genteng aspal membutuhkan cara berkelanjutan, yaitu, harus membeli bahan kedap air: plywood atau lembar OSB. Meskipun sedikit, tetapi itu mahal.

Kekurangan lebih lanjut – kasus parsial kompleksitas jika terjadi perbaikan atap. Karena kenyataan bahwa lembaran sirap yang direkatkan, kemudian membuat perubahan satu lembar, dalam kasus kerusakan, orang yang tidak berpengalaman pasti akan kesulitan. Selama instalasi genteng aspal yang paling penting perlu dikerjakan dengan hati-hati , karena jika tidak dapat memungkinkan penumpukan lembaran cacat dan dapat mengganggu integritas waterproofing atap, atau bahkan di bawah pengaruh fenomena atmosfer, seperti angin kencang. Oleh karena itu perlu untuk melakukan rangka atap kualitatif untuk jenis cakupan.

Sering selama penggunaan atap, lapisan waterproofing dikenai pengaruh mekanik dan iklim, yang mengarah pada fakta bahwa terjadi retakan di atap, yang kemudian air dapat masuk dan menyebabkan bocor hal ini terkadang sulit untuk diperbaiki.

Hal ini tidak selalu mungkin diperlukan untuk memberikan penyegelan lapisan pelindung uap, karena uap air dapat menembus dalam ketebalan lapisan isolasi dan menumpuk di sana, sebagai bahan atap itu sendiri merupakan hambatan untuk penguapan kelembaban. Setelah beberapa waktu cairan mengendap dalam lapisan isolasi, dan kemudian jatuh ke bawah, dimana bintik-bintik terbentuk di langit-langit. Dalam kasus temperatur negatif, air terakumulasi dalam lapisan isolasi, pembekuan dan memiliki dampak negatif pada atap.

Dan, yang paling harus diingat adalah harga genteng aspal lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga atap logam atau genteng metal. Namun demikian genteng aspal yang lebih kompleks ada di kisaran harga tinggi, serta atap fleksibel lebih baik dari atap logam.

Harga genteng aspal

Harga untuk atap genteng aspal bervariasi tergantung pada teknologi, produsen, model dan desain pada warna. Di pasar ada cukup berbagai seri dari kelas ekonomi sampai model mewah. Membeli genteng aspal, Anda dapat mendapatkannya di setiap toko khusus atau melalui internet. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli genteng mempelajari terlebihdahulu bagaimana reaksi pasar dan pelanggan dari produk secara rinci.

Baca juga:
Genteng beton: mengenal kelebihan dan kekurangan bahan atap rumah
Genteng keramik: komponen atap rumah dari bahan alami
Genteng sirap kayu: bahan atap rumah teruji selama berabad-abad

Cara merawat genteng aspal

Genteng aspal memang sangat kuat, tapi masih rentan terhadap kerusakan yang dapat disebabkan oleh fenomena alam seperti hujan lebat atau pertumbuhan lumut setelah impor biji angin.

Saat membersihkan atap perlu untuk meninggalkan beberapa sentimeter dari lapisan bawah utuh. Untuk mengambil sampah atau kotoran di atap hanya bisa dengan sekop logam, atau sapu, metode seperti ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat membahayakan integritas atap dan menyebabkan kebocoran.

Membersihkan lumut pada genteng paling tepat menggunakan kuas. Periksa atap untuk kehadiran lumut dan debu harus setidaknya sekali setahun. Jika kuas untuk menghilangkan lumut tidak bekerja, dapat menggunakan bantuan cairan khusus. Umumnya untuk cara perawatan seperti itu dilakukan adalah sebagai berikut: solusi anti-bakteri disemprotkan ke atap, dan setelah setengah jam membilasnya dengan air biasa.

Tips, uji kelayakan atap

Selama masa pengujian, pelanggan membutuhkan sebuah perusahaan konstruksi atap menjamin dengan indikasi istilah pelayanan atap dan lapisan pelindung. Cacat dalam pelaksanaan pekerjaan, menghilangkan biaya tambahan dan gratis selama perbaikan dalam masa garansi yang ditetapkan.

Dalam rangka untuk memastikan kondisi teknis yang baik dari atap dan mencegah keausan dini yang harus dilaksanaan dengan ketat dari rekomendasi untuk inspeksi teknis, pemeliharaan dan perbaikan atap, yang ditetapkan dalam surat perjanjian.

Jika ada kerusakan pada atap segera mengidentifikasi penyebab kejadian tersebut. Untuk menentukan sifat kekuatan konstruksi atap dan alasan untuk kehancuran mereka harus melibatkan organisasi penelitian para ahli dan desain yang relevan.

Pemeriksaan dan rekonstruksi atap harus dilakukan sesuai dengan gambar kerja, produksi pekerjaan proyek dan persyaratan yang telah disepakati.

Jika Anda mengubah atap harus diperbaiki pertama struktur beban, tanah di bawah atap dan unsur-unsur lainnya. Semua elemen kayu harus diberi perlakuan antiseptik. Cacat yang terlihat pada atap harus dihilangkan sesegera mungkin. Kerusakan atap harus segera diperbaiki.

Ruang loteng harus memiliki kondisi suhu dan kelembaban normal, dan dilengkapi dengan pencahayaan permanen di setiap saat sepanjang hari, yang harus dalam kondisi baik.

Inspeksi teknis yang tepat waktu harus dilakukan untuk memastikan kondisi teknis yang baik dan mencegah kerusakan dini dari atap. Menurut hasil pemeriksaan dari daftar cacat harus disusun dengan daftar pekerjaan yang diperlukan pada pemeliharaan dan perbaikan mereka.

Inspeksi, pembersihan dan perbaikan atap harus dilakukan dalam cuaca hangat dan kering, sesuai dengan peraturan keselamatan. Untuk bekerja di atap Hanya orang yang akrab dengan karya teknologi produksi dan peraturan keselamatan, serta pemeriksaan kesehatan terakhir dan telah disetujui untuk bekerja di ketinggian.

Perbaikan atap harus dilakukan setelah penyusunan bahan yang diperlukan, peralatan dan aksesoris. Semua bagian atap untuk diperbaiki dibersihkan dari kotoran, puing-puing, debu, setelah itu atapselanjutnya dikeringkan.

Komen Semudah di Facebook