Cara Membangun & Memperkuat Pondasi Rumah Bata

CARA MEMBANGUN PONDASI RUMAH BATA – dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang memilih real estate di pinggiran kota. Hal ini berguna, bergengsi dan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan perumahan perkotaan. Namun, terlepas dari apakah Anda memutuskan untuk membangun rumah dengan tangannya sendiri atau membeli siap pakai, cepat atau lambat, sebelum Anda mendapatkan sebuah pertanyaan yang sangat penting dan mendesak: “Bagaimana memperkuat pondasi sebuah rumah bata?”.

Pertanyaannya adalah penting, dan butuh pendekatan dengan penuh tanggung jawab, karena ini adalah menyangkut kondisi biaya pondasi rumah Anda, Ini akan tergantung pada kualitas lebih lanjut, memudahkan hidup Anda di rumah. Dasarnya, membangun pondasi rumah berkualitas tinggi dan baik- bisa bertahan sangat lama. Tapi jangan lupa bahwa selama rumah Anda dibangun menggunakan bata ini tentu memiliki beban yang lebih besar.

Mari kita lihat penyebab penurunan dan kerusakan pondasi rumah dan mencoba untuk menemukan jawaban atas pertanyaan: “Bagaimana memperkuat pondasi sebuah rumah bata?”.

Penyebab terjadinya kerusakan sebuah pondasi rumah

Tekanan kekuatan. Di bawah berat konstruksi (terutama jika dalam proses yang tinggal di rumah terjadi setiap jenis restrukturisasi, transformasi dan pembangunan kembali) Pondasi rumah, bahkan sangat kokoh dan membuat tanpa sadar mulai turun. Sayangnya, ini adalah proses alami yang tidak bisa dicegah.

Membuat kesalahan pada tahap desain. Bisa sangat fatal, ini terjadi jika orang-orang tidak kompeten menangani kasus ini. Akibatnya, gambar mungkin tidak sesuai dengan standar dan peraturan, itu adalah konsekuensi dari kerusakan yang cepat dari pondasi rumah dan bangunan itu sendiri. Biasanya ditandai dengan kusen jendela dan kusen pintu menjadi miring, yang berdampak buruk dalam melakukan kegiatan buka tutup pintu dan jendela, mungkin tiba-tiba pintu dibuka menjadi suliit. Dalam kasus yang parah, lapisan dinding menjadi retak, menyebabkan rumah akan benar-benar tidak layak huni.

Oleh karena itu, penting bahwa rumah Anda telah dirancang secara profesional. Hal ini lebih baik untuk diserahkan pada sebuah perusahaan konstruksi atau biro khusus. Pelanggaran teknologi pada pembangunan pondasi. Hal ini terjadi karena alasan yang sama seperti dijelaskan dalam paragraf sebelumnya. Gangguan ini juga dapat menyebabkan konsekuensi yang tragis.

Baca juga: bagaimana membangun pondasi rumah sesuai jenis tanah

cara-membangun-pondasi-rumah-bata
Cara membangun dan memperkuat pondasi rumah bata

Tanah berdekatan dengan proyek galian di wilayah rumah Anda. Biasanya, ini adalah semacam struktur besar.  Karena ketika karya-karya tersebut, tanah dapat mulai tenggelam, dan dengan itu termasuk pondasi.
Masalah lingkungan. Misalnya, seperti erosi tanah, naik-turun tanah, tanah terangkat air. Semua ini semata-mata tergantung pada lingkungan, dan masalah yang sama tidak mungkin untuk memprediksi hal itu dari awal. Tapi Anda harus selalu siap untuk itu.

Suka atau tidak konsisten pada renovasi rumah. Sebelum memutuskan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, perlu untuk beralih ke profesional sehingga mereka telah menentukan apakah pondasi lama pada proyek renovasi rumah akan digunakan. Mungkin fondasi tidak siap untuk memikul beban. Hal yang sama berlaku untuk renovasi rumah. Anda harus selalu ingat bahwa pondasi rumah dari beton, dan selama pembangunan kembali atau rekonstruksi perumahan, itu akan mengubah parameter dan karakteristik.

Getaran internal atau eksternal. Hal ini terjadi jika wilayah rumah bata Anda tidak jauh dari jalan raya, kereta api atau rel kereta, landasan pacu lapangan udara.

Memperkuat sebuah pondasi rumah bata

Ada beberapa cara untuk andal memperkuat pondasi rumah bata yang ada. Yang pertama – untuk memperkuat dasar fondasi baru, yang kedua – penguatan tambahan, dan yang ketiga – pengenalan tumpukan CFA.

Metode satu

Landasan baru di atas lapisan lama yang sudah ada. Hal ini dilakukan sebagai berikut. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan kerangka khusus diperkuat, yang akan berfungsi untuk memperkuat pondasi. Hal ini melekat pada bantalan di sekitar pondasi beton lama.

Frame terbuat dari baja yang diperkuat. Yang pertama adalah pengelasan bar.

Dimensi rangka harus benar-benar diperhatikan 20x20x20. Tidak boleh menambah atau mengurangi ukuran rangka, penting untuk selalu diingat.

Sebagian orang memilih untuk membuat kerangka dengan pengikat kawat khusus.

Tapi kami tetap menyarankan bahwa jika memungkinkan, menggunakan katup, karena itu adalah pondasi akan lebih kuat, handal dan tahan lama.

Setelah rangka besi siap, diperlukan untuk mengekspos sudut pondasi. Untuk melakukan ini, menggali tanah pada diameter yang diperlukan. Lubang harus digali sedemikian rupa bahwa hal ini adalah dua kaki lebih tinggi dari kedalaman pondasi lama.

Lubang ini dihilangkan atas struktur penguat yang telah disiapkan dalam adukan coran cair.
Tahap akhir harus dilakukan dengan cepat dan dalam cuaca yang baik, karena basis negatif dapat bereaksi terhadap curah hujan di atmosfir yang berbeda.

Metode dua

Memperkuat pondasi rumah bata mungkin diperkuat dengan sabuk khusus. Ini menghubungkan “bulls” bersama-sama. Hal ini dilakukan sebagai berikut.

Pertama-tama, perlu untuk membagi seluruh rumah bata Anda menjadi potongan-potongan sebesar 1,5-2 m. Di masing-masing segmen yang Anda butuhkan untuk menggali semacam parit. Kedalaman lubang harus sama dengan kedalaman pondasi, yang perlu diperkuat. Juga, lebar parit harus sekitar setengah meter.

Pada pondasi lama diperlukan untuk membuat lubang (biasanya dibor). Lubang ini digunakan untuk melampirkan potongan penguatan. Yang terakhir dapat mencoba untuk menggantikan batang besi.
Panjang angker harus tiga puluh empat puluh sentimeter. Kerangka besi disiapkan diawal (seperti yang telah dijelaskan dalam metode pertama) diletakkan di parit.

Seluruh struktur ditutupi dengan coran secara hati-hati. Hal ini diperlukan untuk melakukannya secara bertahap, langkah demi langkah. Anda tidak bisa melakukan semuanya sekaligus, untuk melakukan pengecoran pada sekeliling rumah, pengecoran pondasi pertama di salah satu segmen harus kering terlebih dahulu.

Hanya setelah pemadatan lengkap dapat melanjutkan ke berikutnya, jika tidak ada risiko merusak semua pekerjaan dan mengulang lagi. Artinya, dalam metode ini harus disediakan waktu dan kesabaran.

Tapi dengan membuat beton pada salah satu sisi rumah, menunggu sampai telah mengeras, adalah mungkin untuk melaksanakan pekerjaan di sisi berlawanan dari pondasi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan pekerjaan ini terutama di musim panas.

Hal ini membutuhkan tidak adanya curah hujan untuk seluruh masa kerja, dan suhu udara 5-30 0C. Jika Anda tidak mematuhi kondisi ini, hal itu dapat membahayakan integritas dasar bangunan dan harus mengulang pekerjaan, menghabiskan upaya ekstra dan uang.

Cara ketiga

Penguatan pondasi rumah bata dengan menggunakan tumpukan CFA. Ini adalah salah satu cara yang paling modern, canggih dan berteknologi tinggi untuk memperkuat basis struktur. Ini menghasilkan penguatan pondasi sebagai berikut.

“Tujuan CFA adalah untuk mengkonfirmasikan atau menguji model, yaitu model pengukuran yang perumusannya berasal dari teori. Sehingga, CFA bisa dikatakan memiliki dua fokus kajian yaitu :

1. Apakah indikator-indikator yang dikonsepsikan secara unidimensional, tepat, dan konsisten.
2. Indikator-indikator apa yang dominan membentuk konstruk yang diteliti.”

Pada kedua sisi bagian pondasi lama digali, biasanya untuk mendeteksi tanah cukup padat. Lubang ini harus di bawah sudut khusus. Diameter lubang biasanya mencapai dua puluh lima sentimeter. Kedalaman justru tidak dapat ditentukan, karena dalam setiap kasus itu sangat tergantung pada jenis tanah.

Pada lubang yang telah dibuat dituangkan coran. Setelah ini ada dipasang rangka yang terbuat dari penguatan. Hal ini diperlukan untuk menunggu sampai beton mengeras benar-benar larut.

Akibatnya, bangunan rumah bata Anda akan berdiri di sejumlah besar tumpukan kuat dan dapat diandalkan. Jumlah tumpukan yang diperlukan dianggap dalam setiap kasus, dan, sekali lagi, itu tergantung pada jenis tanah.

Metode ini adalah salah satu yang paling maju dan populer di pasar konstruksi saat ini. Satu-satunya kelemahan – kebutuhan untuk peralatan khusus.

Selain itu, penguatan pondasi rumah bata menggunakan tumpukan CFA lebih lanjut membutuhkan waterproofing.

Buatlah suatu keharusan. Ini akan melindungi pondasi baru dari tanah, sehingga tidak lagi hancur begitu cepat.

Mengapa penting untuk menghentikan kerusakan pondasi?

Ingat bahwa hal yang paling penting – saatnya untuk melihat penyimpangan dalam struktur pondasi. Oleh karena itu perlu untuk memeriksa secara berkala kondisinya. Ini akan membantu Anda menghemat waktu, tenaga dan keuangan. Setelah sebagian merenovasi dan memperkuat pondasi yang ada dari rumah jauh lebih mudah dan sederhana daripada benar-benar menggantinya.

Namun, jika Anda tidak melihat kerusakan pondasi dan tidak mengambil tindakan apapun, maka mungkin bahwa Anda tidak perlu untuk terlibat dalam memperkuat pondasi dan menggantinya. Pergantian pondasi bisa total atau sebagian, tergantung pada lesi. Ini adalah proses yang panjang dan melelahkan, mahal, baik dalam waktu dan uang. Hal ini lebih baik untuk menghindari hal tersebut.

Jadi pikirkan pondasi yang ada di rumah Anda dengan hati-hati. Semua harus memenuhi persyaratan dan peraturan bangunan yang telah ditentukan. Kemudian pondasi akan bertahan sangat lama.

Kesimpulan:
Seperti diketahui, pondasi yang didirikan dalam pembangunan rumah-rumah pribadi tidak akan berlangsung selamanya, sehingga akhirnya setiap pemilik rumah memiliki pertanyaan “Bagaimana memperkuat pondasi yang ada lebih dari sepuluh tahun, pada rumah tua?”. Jika Anda membangun rumah sendiri, itu adalah plus besar, karena Anda tahu persis bagaimana pondasi dibangun, bahan apa yang digunakan dalam kasus ini. Jika Anda membeli sebuah rumah sudah dibangun, tidak mungkin untuk memiliki gagasan tentang keadaan pondasi saat ini. Kemudian, sebelum Anda memperkuat pondasi rumah, Anda perlu mencari tahu.

Dasar pondasi yang paling sering digunakan sebagai pondasi rumah. Karakteristiknya mendefinisikannya sebagai struktur integral, itu diterima bahwa beban pada bagian individu masih lebih dari batas yang diizinkan. Jenis dasar konstruksi rumah dapat terkena dampak fenomena pembengkakan tanah lokal. Hal ini menyebabkan misalignment dari dasar bangunan, seperti tekanan di satu daerah akan dapat diterima lebih dari yang lain. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari pembangunan rumah tinggal di wilayah seismik gempa dan rawan badai.

Komen Semudah di Facebook