Teknik Sederhana Cara Memasang Wallpaper Dinding Rumah

WALLPAPER DINDING – melapisi dinding dengan wallpaper dapat membuat dampak besar pada ruangan Anda tergantung pada warna dan desain. Ketika dinding dan sudut ruang yang tidak simetris adalah tidak menjadi soal, artinya tidak bergantung pada masalah itu sebagai panduan ketika Anda memasang wallpaper dinding. Memasang wallpaper baru dapat secara dramatis mengubah tampilan interior rumah Anda, dan itu adalah cara mendekorasi yang praktis untuk dilakukan sendiri proyek perbaikan rumah Anda. Kunci keberhasilan memasang wallpaper terletak pada perencanaan yang baik dan mengetahui trik untuk mencapai setiap sambungan wallpaper yang halus, memulai pekerjaan di sudut-sudut, memotong dan memasang wallpaper dinding . Artikel ini akan membantu Anda mencapai pekerjaan yang tampak profesional!

Tips, perencanaan media sebelum pemasangan wallpaper dinding

Jika Anda hendak memasang wallpaper, perencanaan yang matang akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Sebelum Anda memasang strip pertama, menentukan di mana sambungan yang akan dibuat dan mencari tahu bagian plafon dan dinding yang tidak rata. Jika Anda belum pernah melakukan pemasangan wallpaper, pertimbangkan memasangnya terlebih dahulu di kamar tidur untuk praktek pertama Anda- dan kemudian melakukannya di dapur atau kamar mandi ketika Anda memiliki lebih banyak pengalaman.

Berikut adalah langkah-langkah untuk perencanaan pemasangan wallpaper dinding yang sukses:

Cari sambungan setiap strip wallpaper

Untuk menghindari kejutan yang kurang menyenangkan yang dihasilkan dari penempatan sambungan wallpaper yang buruk atau memiliki pola dipotong di tempat-tempat aneh, jangan tergesa-gesa memasang wallpaper dinding segera. Ambil beberapa menit untuk mengevaluasi ruang untuk menentukan di mana Anda ingin setiap sambungan jatuh dan di mana pola akan mulai relatif terhadap plafon atau sudut-sudut ruangan. Bertanya pada diri sendiri, dengan berpedoman pada ukuran lebar media dinding dibagi lebar wallpaper itu sendiri :

Yang merupakan dinding dominan? Berencana untuk meletakkan sambungan di mana itu akan menjadi yang paling terlihat. Meskipun perencanaan sambungan harus mulai di dinding yang dominan, itu bukan tempat Anda ingin mulai memasang wallpaper. Bagaimana jendela, pintu, atau focal point (seperti perapian) spasi di dinding? Jika dinding memiliki dua jendela, pendekatan simetris yang terbaik. Cukup mulai dengan memusatkan sambungan atau strip di dinding antara dua jendela dan cara kerja Anda mulai dari sudut.

Di mana Anda ingin sambungan berakhir? Karena Anda akan bekerja di sekitar dengan sambungan akhir dari dua arah, Anda perlu untuk memotong satu atau kedua dari dua strip terakhir agar sesuai dengan ruang atau dinding yang tidak dilapisi wallpaper. Ini berarti bahwa pola mungkin tidak akan cocok di sambungan akhir. Tempat yang mencolok untuk sambungan adalah melalui pintu masuk.

Apakah pola wallpaper menciptakan kebutuhan khusus? Dengan pola besar, memotong kertas secara vertikal di sudut ruangan dapat menyebabkan akhir pemotongan yang akan tampak jelas dalam pola. Untuk mengatasi masalah itu, mulai bekerja dari tengah dinding atau dari tempat lain.

Berusaha memasang wallpaper dinding sendiri, hitung-hitung mengeksplor ide/skil kreativitas diri kita. Merancang dan mendisain, serta menerapkannya adalah bagian hasil akhir yang menjadi kebanggaan milik diri Anda sendiri. Memasang wallpaper dinding tidaklah begitu sulit untuk dipraktikan, Anda hanya dibutuhkan keakuratan mengukur media yang akan dipasang wallpaper secara tepat dan benar.

Langkah-langkah cara memasang wallpaper dinding

Hanya beberapa langkah saja wallpaper dinding sudah dapat dipasang, cara memasangnyapun sangat mudah! Ingin segera mulai mencobanya? Mari kita mulai sekarang… Persiapannya sbb:

cara-memasang-wallpaper-dinding

cara-memasang-wallpaper-dinding

Memesan wallpaper dinding secara sekaligus

Memesan semua wallpaper dinding yang Anda inginkan sesuai kebutuhan yang telah dihitung sebelumnya, baca tips berikut, “cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding sebelum pemasangan“. Ketika tiba, periksa nomor size untuk memastikan semuanya berasal dari jenis dan ukuran yang sama. Wallpaper dinding yang berbeda dapat memiliki warna yang sedikit berbeda dan tidak akan selalu cocok, yang berakibat tidak sedap dipandang di dinding Anda.

Gunakan lapisan kertas

Pertimbangkan menggantung media berat pada lapisan kertas di dinding sebelum memasang wallpaper dinding Anda. Lapisan kertas akan mencegah wallpaper dari kekusutan atau peregangan dan membantu pasta kering lebih cepat. Ditambah, itu akan memberi Anda latihan yang baik dengan menggantung kertas jika Anda baru memulai.

Menyembunyikan kesalahan pemasangan wallpaper dinding yang kurang tepat

Oleskan cat putih dengan lebar satu inci di bagian atas dinding sebelum wallpaper dinding dipasang di atas cat warna gelap atau wallpaper. Dengan cara ini, itu tidak akan menjadi seperti terlihat jika wallpaper dinding Anda gagal dipasang secara tepat di bagian atas dinding, atau baca juga “cara memperbaiki wallpaper dinding yang lepas dan menggelembung”.

Mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan

Menyediakan peralatan yang akan diperlukan atau jika tidak ada, silahkan membelinya terlebih dahulu, alat yang harus disiapkan adalah: alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper dinding, bak untuk adukan lem (2 buah), spons, kuas lem, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding.

Lem/perekat wallpaper dinding

Sebaiknya membeli lem khusus untuk perekat wallpaper, karena ada beberapa merek lem yang dapat disesuaikan dengan bidang media yang akan dipasang, Jenis-jenis lem ini memiliki kualitas yang hampir sama karena masing–masing dibuat khusus untuk wallpaper dinding.

Metila
Wallpack
Super Metilin
Great Wall
Liquit
Lem China
Dari point 1 s/d 5 merupakan lem wallpaper dinding yang terbuat dari serat kayu khusus yang diolah dengan teknologi tinggi sehingga dapat digunakan khusus untuk wallpaper. Bahan ini berbentuk serbuk putih.

Sedangkan point 6 merupakan lem wallpaper yang dibuat dari bahan sintetis yang tentu saja memiliki masa kadaluarsa. Lem ini sangat kuat sehingga umumnya digunakan untuk merekatkan wallpaper pada celling/plafon atau bidang licin seperti kaca.

Setelah bidang dinding atau permukaan siap, campur lem dengan air. Buatlah dalam dua bak terpisah, yaitu lem untuk bagian sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi.

Pengukuran bidang atau media yang akan dipasang

Mengambil ukuran ini yang harus betul-betul dicermati, jika pengukurannya kurang tepat mengakibatkan pemotongan wallpaper tidak pas akhirnya ada bahan yang akan terbuang. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper dinding. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.
Pemotongan wallpaper dinding

Saat pemotonganpun harus hati-hati, usahakan hasil pemotongan yang lurus dan simetris. Potong panjang wallpaper dinding menjadi panel-panel, namun disesuaikan dengan kebutuhan. Lihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan yang menjelaskan cara menyerasikan motif antarpanel atau potongan wallpaper dinding.

Penempatan posisi wallpaper

Tandai setiap posisi wallpaper dinding dengan pensil sebelum direkatkan, gunakan alat bantu benang atau lot agar mendapatkan hasil yang lurus dan siku/simetris.Dinding rumah biasanya tidak siku dengan sempurna. Untuk memastikan bahwa wallpaper dinding Anda lurus, Anda akan perlu untuk membuat garis tegak lurus dari mana Anda mengukur keselarasan kertas. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat khusus seperti lot (bandulan)

Bahkan jika Anda menggunakan bandulan untuk membuat baris pertama Anda, ini sebagai fungsi lot atau bandulan tersebut dapat digunakan. Menggunakannya untuk memeriksa kembali bahwa wallpaper dinding Anda lurus. Menggunakan lot juga dapat membantu Anda memotong lurus saat Anda memotong garis dari setiap gulungan.

Melapisi dinding atau bidang yang akan dipasang wallpaper dengan lem

Setelah ditandai, sapukan lem dengan roller pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper dinding. Lakukan tahap ini perlahan-lahan, pastikan lem menyebar secara merata.

Pemasangan wallpaper dinding

Tempelkan wallpaper dinding dengan hati-hati, tahap ini harus memperhatikan merekatkannya dimulai dari bidang yang telah ditandai pensil sebelumnya, arahkan sesuai jalur benang yang dipasang.

Sambungan panel wallpaper

Cara menyambung wallpaper, pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.

Meratakan wallpaper setelah direkatkan/dipasang

Ratakan wallpaper dinding yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper dinding dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakan wallpaper dinding.

Pengecekan atau periksa ulang seluruh bagian wallpaper yang sudah dipasang

Setelah terpasang, cek sekali lagi untuk memastikan kerapiannya, terutama pada bagian sambungan dan sudut. Hal ini untuk menghindari pemasangan bila terjadi kerut atau kurang lurus.

Terkadang kepuasan pribadi hanya bisa dinilai oleh jiwa masing-masing individu, tidak peduli dengan apa yang dikatakan orang lain. Memiliki interior rumah hunian yang indah, elegan, dan menarik akan menjadikan rumah tempat tinggal tersebut lebih nyaman dan membuat betah bagi penghuninya.

Tips & Cara yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Wallpaper Dinding Kamar Tidur

Bahkan jika Anda memiliki banyak pengalaman dalam hal mendekorasi rumah, memasang wallpaper dinding dapat menyajikan beberapa tantangan baru yang tidak Anda temukan dengan elemen desain lainnya. Berikut beberapa tips sederhana akan membantu Anda mendapatkan efek yang tepat untuk dinding kamar tidur Anda. Ini akan memberi Anda sesuatu yang tidak hanya menambah komposisi desain, tetapi dapat menjadi fitur utama dari itu. Membuat beberapa pertimbangan sebelum Anda mulai bekerja pada kamar tidur Anda dan hasilnya akan berbicara sendiri.

Memilih wallpaper dinding sebagai bahan yang akan digunakan untuk keperluan dekorasi kamar tidur Anda

Mendapatkan beberapa sampel dari stockist wallpaper dinding dan Anda berniat mencoba itu untuk menghias kamar tidur Anda. Wallpaper dinding yang mungkin sebelumnya Anda berpikir adalah hal yang hanya terlihat di showroom, mungkin tidak berfungsi banyak dalam konteks rumah Anda. Wallpaper dinding dengan desain warna berani bisa terlihat bagus, tetapi juga dapat memberikan suasana kamar tidur Anda menjadi gerah dari sisa dekorasi ruang ini.

Ini adalah sesuatu yang pasti ingin Anda hindari di kamar tidur yang seharusnya menciptakan suasana tenang dan santai. Memilih wallpaper dinding dengan warna-warna netral dan desain sederhana adalah solusi terbaik, jika Anda berniat melapisi semua dinding di kamar tidur Anda. Untuk pola yang rumit dan warna lebih berani mempertimbangkan untuk membatasi pemasangan wallpaper dinding Anda hanya satu atau dua bagian dinding saja, tergantung pada ukuran dan bentuk ruangan kamar tidur Anda. Untuk membantu inspirasi Anda dalam memilih, Anda perlu memeriksa beberapa ide melalui link berikut, “wallpaper dnding mural kamar tidur”

Tambahkan kedalaman dengan wallpaper dinding untuk mencapai ilusi ruang.

Anda dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih di kamar tidur minimalis dengan menggunakan wallpaper dinding bermotif garis-garis vertikal. Hal ini akan memberikan visual bahwa ruangan Anda lebih tinggi daripada sebenarnya. warna dengan nada ringan, akan memantulkan cahaya lebih banyak dan memberikan kesan lebih luas pada ruang. Jika Anda tidak biasa mendekorasi ruangan, menambahkan border wallpaper dinding bisa membuat segalanya tampak lurus dan rapi. Atau Anda lihat tips sederhana di atas.

Menyerasikan warna dan motif wallpaper dinding dengan bagian interior lainnya

Sebuah nuansa warna baru interior kamar tidur dengan dekorasi wallpaper dinding adalah cara yang relatif murah untuk menghidupkan bagian ruang di kamar tidur Anda. Namun, juga dapat memberikan suasana segar. Memeriksa furnitur kayu dan setiap dinding di kamar tidur Anda yang tidak akan dipasang wallpaper, karena mungkin hal itu berada dalam kepentingan yang telah Anda tentukan untuk memberikan unsur-unsur lapisan cat tunggal saja. Dan tentunya hal ini dilakukan sebelumnya, bukan sebaliknya setelah Anda memasang wallpaper dinding tersebut. Terutama, memperhatikan langit-langit kamar tidur ini karena Anda tidak akan menghias dinding kamar Anda dengan cat baru, jadi Anda harus dapat menyesuaikan warna dan motif wallpaper dinding tersebut dengan warna plavon kamar tidur Anda.

Mempersiapkan dinding kamar tidur sebelum pemasangan wallpaper dinding dilakukan

Setelah elemen desain ini dipilih saatnya untuk mempersiapkan dinding kamar tidur Anda. Jika Anda berencana memasang wallpaper dinding yang telah Anda pilih sendiri, mengosongkan ruangan dari segala barang yang ada di kamar tidur Anda agar lebih leluasa saat pengerjaan. Karena hal ini tidak selalu praktis atau bahkan mungkin Anda perlu untuk menghilangkan tempat tidur sementara dari ruangan, atau jauhkan itu dari dinding yang akan Anda kerjakan. Jika dalam hal ini Anda berniat mengganti wallpaper dinding yang lama, Anda perlu membersihkan dindng dari sisa-sisa wallpaper yang tertinggal di dinding dengan air hangat dan sabun, sebagai perhatian pastikan bahwa semua residu dari perekat lama dihapus dari permukaan.

Pada prinsipnya jika sebelumnya Anda melepas rak atau bingkai foto yang menggantung di dinding, semua lubang yang ada di dinding (termasuk lubang dari paku bingkai foto atau rak) harus diisi atau didempul ketika persiapan dinding. Apabila Anda bertujuan agar setiap posisi akan digunakan kembali (yaitu jika rak atau bingkai foto dipasang kembali ditempat semula) ini tidak perlu diisi atau didempul, namun ketika Anda melakukan pemasangan wallpaper, posisi dapat ditandai dengan menggunakan batang korek api disetiap lubang sebelum wallpaper dipasang, menggunakan batang korek api memproyeksikan ketepatan ketika menusuk atau melubangi wallpaper nantinya. Hal ini akan menunjukkan posisi aksesoris seperti semula.

Periksa untuk mengetahui apakah cat tembok tidak luntur dan melekat terikat pada permukaan dinding. Pada zaman dahulu, kapur atau distemper sering digunakan sebagai finishing dekoratif dan ini tidak cocok untuk dipasang wallpaper dinding.

Untuk memeriksa apakah cat larut dalam air (luntur), merendam spons atau kain yang bersih untuk mengujinya, kemudian tahan di permukaan cat selama sekitar 15 sampai 30 detik. Kemudian gosok daerah dinding, jika ada terdapat banyak cat yang menempel pada kain atau spons, maka cat tersebut larut dalam air dan akan harus dilakukan membersihkan cat dari dinding, apabila hanya ada sedikit warna cat pada kain atau spons , maka ini tidak ada masalah untuk dipasang wallpaper dinding.

Melapisi tembok dengan kertas sebelum memasang wallpaper

Jika dinding kamar tidur Anda tidak rata, atau memiliki ketidaksempurnaan atau retak, cara yang terbaik untuk memperbaiki tambahkan lapisan kertas sebelum memulai dengan wallpaper dnding yang Anda pilih. Lalu mencampur perekat Anda, dengan mengikuti petunjuk pabrikan, dan menerapkannya secara merata ke bagian belakang wallpaper dinding Anda. Hindari memasang wallpaper menjadi susunan terbalik, longgar, dan sebagainya.

Setelah Anda menyelesaikan pemasangan wallpaper dinding biarkan hingga kering selama 24 jam. Pasang kembali furnitur kamar tidur Anda ke tempat yang Anda inginkan, mungkin Anda ingin mengatur ulang agar sesuai dengan tampilan baru dari kamar tidur Anda.

Komen Semudah di Facebook